Cara Memasak Kerang Hijau Rebus

Cara Memasak Kerang Hijau Rebus

Kerang hijau adalah hewan laut bercangkang yang lezat, yang bisa dikukus, direbus, dibakar, dipanggang, atau dimasak dengan berbagai cara. Kerang hijau rasanya lezat jika dimakan begitu saja, ditemani dengan kentang goreng atau crusty bread (roti yang teksturnya garing) atau dicampur dengan hidangan laut lainnya. Jika Anda ingin mengetahui cara memasak kerang hijau, ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

Menyiapkan Kerang Hijau

Belilah kerang hijau yang paling segar. Belilah kerang hijau di pasar terpercaya. Anda harus membeli kerang hijau yang masih hidup; lihatlah cangkangnya yang masih tertutup rapat. Buang kerang hijau yang cangkangnya sudah terbuka setelah dibawa pulang ke rumah atau kerang hijau yang cangkangnya pecah. Ingat, kerang hijau yang tidak terbuka setelah dimasak harus dibuang. Ini artinya kerang hijau tersebut sudah mati sebelum Anda memasaknya.

Cucilah kerang hijau di bawah air dingin yang mengalir. Gosok cangkangnya untuk menghilangkan rumput laut, kotoran, atau partikel-partikel lain yang melekat. Cuci kerang hijau satu per satu, hilangkan serabutnya sebisa mungkin.

Tariklah serabut kerang hijau. Untuk membersihkan serabut tiap kerang hijau, jepit dengan ibu jari dan telunjuk, gesek-gesek ke kiri dan kanan dan tarik dengan keras. Serabut kerang hijau tidak berbahaya dan bisa dimakan, namun rasanya tidak enak, jadi tak perlu risau jika Anda tidak bisa membersihkan semua serabut kerang hijau. Sebagian kerang hijau mungkin serabutnya sudah tidak ada, jadi tak perlu khawatir jika ada kerang hijau yang tidak memiliki serabut. Anda juga bisa menggunakan pisau untuk menghilangkan serabut ini.

Kerang Hijau Rebus

Siapkan bahan-bahan. Inilah bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat kerang hijau rebus:

  • 1800 gr kerang hijau
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1 siung bawang merah cincang
  • 2 siung bawang putih, iris-iris
  • 4 lembar thyme segar
  • 118 ml dry white wine (anggur putih yang tidak mengandung gula)
  • 1 buah lemon, ambil airnya
  • 236 ml kaldu ayam
Cara Memasaknya :


1. Masukkan kaldu ayam dan semua bumbu ke dalam panci besar. Tuangkan 118 ml dry white wine dan 236 ml kaldu ayam ke dalam panci. Pada wajan yang diberi 2 sendok makan minyak zaitun, tumis 1 siung bawang merah yang dicincang, 2 siung bawang putih yang diris-iris, dan 4 lembar thyme segar selama 2-3 menit, lalu masukkan ke dalam panci.

2. Masukkan kerang hijau ke dalam panci dan rebus dengan api sedang selama 6-8 menit. Masukkan 1800 gram kerang hijau ke dalam panci dan rebus hingga sebagian besar kerang terbuka cangkangnya. Buang kerang hijau yang cangkangnya tidak terbuka.

3. Saring air rebusan dan sisihkan.



http://id.wikihow.com/Memasak-Kerang-Hijau

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

Bandar Semarang adalah blog yang menyajikan informasi informasi seafood, kelezatan seafood, dan Informasi gizi di balik makanan seafood

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar