Manfaat Cumi-Cumi Bagi Tubuh

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Tubuh

Hewan laut yang berasal dari keluarga Loliginidae ini dapat dengan mudah kita jumpai di Indonesia. Cumi-cumi merupakan hewan laut yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, apalagi bagi mereka para penggemar seafood dan chinese food. Untuk anda yang menyukai berbagai jenis masakan dari cumi sebaikya tidak berlebihan mengkonsumsinya karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi, imbangi dengan serat yang cukup dan olahraga teratur. Ada dua jenis cumi-cumi yang dapat kita jumpai di pasaran, yaitu segar dan yang sudah diawetkan dengan cara dikeringkan asin. Selain enak untuk dikonsumsi, cumi-cumi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Simak ulasan berikut ini

Banyak mengandung gizi

Kandungan protein pada cumi-cumi sangat tinggi, yaitu 17,9 g/100 g cumi segar. Dibanding dengan hewan laut lain, cumi-cumi memiliki kelebihan yaitu tidak memiliki tulang belakang, mudah dicerna, dan mengandung banyak asam amino esensial yang baik untuk tubuh seperti lisin, fenilanin dan leusin.

Pertumbuhan kerangka tulang

Cumi-cumi mengandung mineral mikro dan makro cukup tinggi. Mineral yang terdapat pada cumi-cumi merupakan natrium, kalium, fosfor, kalsium, magnesium. Mineral-mineral tersebut berguna untuk pertumbuhan kerangka tulang. Hal ini sangat penting apalagi bagi anak-anak untuk menghindari oateoporosis di masa tua. Selain itu cumi-cumi juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin B1, B2, B12, serta vitamin larut lemak.

Untuk obat kanker

Para peneliti akhir-akhor ini mengungkapkan bahwa cumi-cumi dapat melawan kanker. Para ilmuwan menggunakan tinta dari cumi-cumi. Mereka menduga zat tersebut aktif dan bekerja dengan mengaktifkan sel darah putih, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh di daerah sel tumor. Tinta cumi juga diketahui mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Menghilangkan bekas cacar

Bekas luka atau cacar sangat mengganggu penampilan terutama bagi seorang wanita. Untuk menghilangkannya Anda dapat menggunakan cumi-cumi yang sudah dijemur hingga kering di bawah terik matahari kemudian bersihkan. Setelah bersih tumbuklah sampai halus kemudian diayak. Setelah itu hasil ayakan dapat Anda gunakan sebagai obat bekas cacar. Agar hasilnya maksimal Anda harus rutin melakukannya.





Sumber : http://disehat.com

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

Bandar Semarang adalah blog yang menyajikan informasi informasi seafood, kelezatan seafood, dan Informasi gizi di balik makanan seafood

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar