Inilah Manfaat Ikan Muajair Bagi Tubuh

Inilah Manfaat Ikan Muajair Bagi Tubuh

Ikan muajair selain mempunyai rasa yang enak dan lezat juga mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap dan banyak. Ikan ini juga dapat diolah menjadi berbagai macam lauk yang tentu digeamri keluarga. Tidak hanya menjadi lauk yang lezat, ikan mujair ini juga sangat bermanfaat sekali untuk ibu hamil. Kandungan gizinya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

Ikan mujair ini hampir sama dengan ikan nila. Tidak hanya bentuk fisiknya, tapi manfaat ikan mujair ini juga tidak kalah dari ikan nila. Ikan mujair ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat mudah sekali beradaptasi. Selain mudah beradaptasi, perkembangbiakan ikan mujair ini sagat pesat sekali. Karena hal ini, banyak sekali petani yang menganggap ikan mujair sebagai salah satu jenis ikan yang sangat mengganggu dan sering dianggap sebagi hama.

Sebenarnya ikan mujair ataupun ikan nila sangat bermanfaat untuk mengurangi sisa sia racun ataupun polusi diair. Karena ikan mujair ini membersihkan zat zat racun didalam air. Hal ini juga membuat kita harus berhati hati saat hendak mengkonsumsi ikan mujair.

Zat zat racun yang deserap oleh ikan mujair tentu sangat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan jika sampai kita konsumsi. Oleh sebab itu, jika ingin mengkonsumsi ikan mujair, alangka baiknya kita mengenali jenis perairan tempat budidaya ikan mujair.

1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan mianeral uyang paling banyak ditemukan didalam ikan mujair adalah kandungan fosfornya. Fosfor ini merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tulang.

Fosfor ini sangat efektif sekali untuk mencegah osteoporosis pada tulang karena mencegah penurunan kepadatan tulang. Selain menjaga kesehatan tulang, mineral ini menjaga agar kuku dan gigi teap sehat.

2. Menjaga kesehatan jantung

Sama seperti ikan nila, ikan mujair juga mengandung omega 3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Omega 3 ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam sistem peredaran darah kita.

Omega 3 ini juga membantu mencegah terjadinya ateroskerosis, serangan jantung dan juga stroke. Kalium yang juga ditemukan dalam ikan mujair ini juga bermanfaat sebagai vasodilator atau melebarkan pembuluh darah dan juga bermanfaat sekali dalam menurunkan tekanan darah.

3. Mencegah penuaan dini

Ikan mujair mengandung selenium yang mana berfungsi untuk meremajakan vitamin A dan C. Yang mana kedua vitamin tersebut sangat penting untuk kesehatan dan keremajaaan kulit.

4. Mencegah kanker prostat

Seperti yang sudah diketahui, ikan mujair ini mengandung selenium yang berfungsi sebagai antioksidan alami tubuh. Selenium ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Dengan mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat menghambat proses regenerasi sel sel yag tidak normal.

5. Menjaga kesehatan otak

Ikan mujair ini juga mengandung omega 3 dan kalium. Yang mana omega 3 yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otak dan fungsi neurologis. kalium berfungsi meningkatkan oksigenasi ke otak dan juga menjaga keseimbangan cairan tubuh.]

6. Menjaga sistem kekebalan tubuh dan fungsi tiroid

Keuntungan lain dari kandungan selenium yang dimiliki ikan mujair adalah melindungi tubuh dari racun dan benda asing lain yang merusak kesehatan.Selenium ini juga bermanfaat mengontrol sel sel darah putih yang mana sel darah putih ini merupakan salah satu jenis imunitas kita.

Sel darah putih bermanfaat untuk melawan kuman. Selenium ini juga mempunyai peranan yang cukup penting dalam regulasi kelenjar tiroid.

7. Membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh

Manfaat ikan muajir berikutnya adalah untuk membangun tubuh. Ikan mujair juga mengandung protein, yang mana protein ini sangat bermanfaat untuk menjaga dan membantu pertumbuhan otot.

8. Membantu progam diet

Ikan mujair ini kaya akan manfaat protein, tapi disamping itu ikan mujair termasuk salah satu jenis ikan yang rendah kalori. Karena kandungan kalorinya yang rendah ini, ikan mujair sangat cocok untuk menu buat sobat yang sedang melakukan progam diet

9. Sebagai lahan bisnis

Seperti yang sudah kita singgung diatas, ikan mujair merupaka salah satu jenis ikan yang dapat hidup dan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Oleh sebab itu, ikan mujair ini sangat berpotensi sekali untuk dikembangbiakan.

10. Menjaga kebersihan lingkungan air

Ikan mujair seperti yang sudah kita ketahui, mereka membersihkan racun racun yang ada pada ekosistemnya. Hal ini tentu sangat baik sekali untuk kebersihan dan kesehatan ekosistem tersebut.

Banyak juga kan manfaat ikan mujair ini. Masih ragu untuk menghidangkan jenis ikan air tawar yang satu ini sebagai menu lauk harian?

Namun perlu juga diperhatikan untuk bunda yang mengatur segala urusan makan keluarga, karena manfaatnya sebagai ikan pembersih bunda harus ekstra hati hati untuk memilih ikan mujair. Pilihlah ikan mujair yang benar benar dari air yang sehat. Karena jika lingkungan tempat hidup ikan kotor, sudah pasti kandungan racun didalam ikan juga cukup besar.




Sumber : http://wartamedika.com

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

Bandar Semarang adalah blog yang menyajikan informasi informasi seafood, kelezatan seafood, dan Informasi gizi di balik makanan seafood

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar